5 Fungsi Laporan Keuangan bagi Kelangsungan Bisnis

  • Whatsapp
5-Langkah-Pembuatan-Laporan-Arus-Kas-bagi-Sebuah-Bisnis
Foto dari Canva

Dalam sebuah pengelolaan bisnis ada yang dikenal sebagai laporan keuangan. Dokumen ini tentu punya peran besar dalam pengelolaan finansial atau keuangan sebuah perusahaan. Contoh laporan keuangan kini bisa diakses dengan mudah di internet sebagai referensi jika saat ini Anda ingin menyusun laporan keuangan untuk bisnis sendiri.

Fungsi Laporan Keuangan

Laporan ini bukan hanya sekadar dokumen yang disusun lalu disimpan rapi. Proses penyusunannya saja cukup sulit dan harus dilakukan dengan teliti agar tidak ada kesalahan. Ternyata ada banyak fungsi dari laporan keuangan yang membuat kedudukannya jadi begitu penting. Berikut ini adakah 5 fungsi penting laporan keuangan yang perlu Anda ketahui:

Read More

1. Menunjukkan Status Usaha

Sebagai pebisnis tentu Anda harus mengetahui seperti apa status usaha yang Anda jalankan. Apakah memang usaha tersebut sukses dan bisa mendatangkan untung atau justru merugi. Penentuan status usaha ini bisa dilakukan berdasarkan laporan keuangan. Dengan melihat data-data dari laporan keuangan Anda bisa mengetahui status bisnis yang Anda kelola.

Jika dalam laporan keuangan tersebut terlihat bahwa nilai laba terus meningkat maka bisa dikatakan bahwa usaha tersebut sukses berjalan. Sebaliknya, ketika profit justru tidak meningkat dan nilai pengeluaran lebih besar maka artinya bisnis Anda sedang tidak baik-baik saja. Status bisnis ini akan menjadi acuan bagi Anda untuk mengambil langkah ke depannya.

2. Bahan Evaluasi

Fungsi laporan keuangan berikutnya adalah sebagai bahan evaluasi. Dalam menjalankan sebuah bisnis Anda harus benar-benar teliti dan cermat. Anda harus melakukan evaluasi secara berkala, tidak hanya asal melangkah. Evaluasi ini dilakukan untuk melihat sejauh apa usaha yang selama ini Anda lakukan.

Langkah evaluasi ini sangat penting bagi kesuksesan seorang pebisnis. Jika tidak ada evaluasi maka tidak ada bahan pembelajaran untuk mengembangkan bisnis tersebut. Tidak hanya penting bagi pelaku bisnis, evaluasi ini juga akan menjadi bahan yang penting bagi semua staf yang terlibat di dalamnya.

3. Acuan Pengambilan Keputusan

Pebisnis pasti harus mengambil keputusan demi kelancaran bisnisnya. Apapun keputusan yang diambil tentu harus didasari dengan acuan yang tepat. Laporan keuangan ini akan menjadi acuan yang akurat dalam setiap langkah bisnis Anda. Contoh laporan keuangan bisnis Anda dalam posisi yang kurang baik, maka coba ubah langkah promosi agar penjualan meningkat dan finansial bisnis membaik.

4. Mempermudah Perhitungan Pajak

Dokumen laporan keuangan ini akan sangat membantu Anda dalam memperhitungkan pajak. Ingat, sebagai pebisnis dan warga negara yang baik Anda tetap harus membayar pajak sebagai sebuah kewajiban. Perhitungan pajak tentu harus dilakukan dengan tepat sehingga Anda bisa memenuhi kewajiban ini sesuai aturan.

5. Mempermudah Pengajuan Pinjaman

Laporan keuangan juga dapat mempermudah Anda untuk mengajukan pinjaman. Salah satu fungsi dari dokumen ini adalah untuk melengkapi syarat pengajuan pinjaman. Seperti diketahui bahwa pebisnis biasanya membutuhkan ajuan pinjaman untuk mengembangkan bisnisnya.

Pihak bank yang akan memberi pinjaman biasanya akan meminta laporan keuangan dari bisnis Anda. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah bisnis tersebut memang berjalan baik atau tidak. Jika berjalan baik maka pinjaman bisa dengan mudah dikabulkan karena potensi pembayaran pinjaman lancar juga lebih besar.

Itulah tadi berbagai fungsi penting dari laporan keuangan. Gunakan acuan contoh laporan keuangan untuk menyusun laporan dari bisnis Anda sendiri. Laporan ini juga bisa dijadikan sebagai acuan untuk berinvestasi. P2P lending adalah jenis investasi yang membutuhkan laporan keuangan bisnis sebagai acuan dan mempermudah Anda untuk mendapatkan profit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *