5 Produk Pertanian dan Peternakan Indonesia yang Diekspor ke Arab Saudi

  • Whatsapp
5-Produk-Pertanian-dan-Peternakan-Indonesia-yang-Diekspor-ke-Arab-Saudi
Foto dari Canva Pro

Indonesia sudah dikenal dunia sebagai salah satu penghasil komoditas pertanian dan peternakan unggul. Kualitas produk yang dihasilkan sangat baik sehingga diinginkan oleh banyak negara. Saat ini, banyak pengusaha di bidang kirim barang ke Arab Saudi yang menjual produk pertanian dan peternakan dengan menggunakan jasa ekspedisi.

Ada banyak jenis produk yang dikirim ke luar negeri, seperti kopi, karet, dan produk pertanian lainnya. Adapun untuk hasil dari ternak seperti unggas, daging ayam beku, udang, maupun ikan juga mendapat banyak permintaan dari luar negeri.

Read More

Produk Pertanian dan Peternakan yang Dibutuhkan Arab Saudi

Indonesia memiliki banyak hasil alam dan ternak dengan kualitas bagus, bukan hanya segar tapi juga pengolahannya halal sehingga dibutuhkan oleh pasar Arab Saudi. Beberapa produk yang saat ini dipasarkan atau dikirim ke luar negeri adalah:

1. Ayam Beku

Produk daging ayam peternak lokal bukan hanya mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, tapi juga bisa dikirimkan ke luar negeri. Karena kualitasnya terjamin dan juga ada label halal MUI yang diakui oleh internasional. Produk ayam beku yang berkualitas ini juga masuk ke pasar Arab Saudi, terutama untuk memenuhi kebutuhan para jamaah haji dan umroh dari Indonesia.

2. Berbagai Produk Olahan Ayam

Selain daging ayam, berbagai produk olahan dari daging ayam juga menjadi komoditas kirim barang ke Arab Saudi yang dipilih banyak investor. Produk olahan ayam ini dibutuhkan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan para jamaah Indonesia di sana, tapi juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Arab dan jamaah dari negara lain.

Bukan hanya ke Arab Saudi, produk-produk makanan olahan dari ayam ini juga dikirimkan ke negara-negara tetangga, bahkan hingga Eropa dan Amerika. Karena kualitasnya sudah diakui secara internasional.

3. Beras

Beras ternyata juga menjadi komoditas yang dibutuhkan oleh negara Arab Saudi. Beras dibutuhkan untuk konsumsi para jamaah Indonesia di sana, karena banyak yang tidak bisa menyesuaikan dengan beras dari Arab maupun tidak terbiasa mengonsumsinya.

Karena memiliki perbedaan kontur dan rasa dari beras Arab, banyak juga masyarakat Arab yang menggunakan beras Indonesia untuk kebutuhan konsumsi setiap hari sehingga permintaannya selalu bertambah.

4. Biji Cokelat

Indonesia merupakan negara yang memiliki lahan kebun kakao yang besar dan termasuk penghasil biji kakao atau cokelat paling besar ketiga di dunia. Ekspor kakao Indonesia mencapai 55 ribu ton per tahun. Oleh sebab itu, pertanian kakao makin ditingkatkan.

Kualitas biji kakao Indonesia yang bagus menarik minat Arab Saudi untuk menjalin kerjasama dalam hal perdagangan biji cokelat. Oleh sebab itu, bisnis ekspor biji kakao menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan, termasuk berbagai produk turunannya.

5. Buah-buahan dan Sayuran

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ekspor ke Arab Saudi, maka bisa memilih berbagai produk buah dan sayur yang dibutuhkan negara tersebut. Buah seperti kelapa, pisang, dan nanas merupakan yang paling banyak diminta. Kalau untuk sayuran, Anda bisa mengekspor sawi maupun kubis, dan berbagai sayuran lokal lainnya.

Bisnis ini cukup menjanjikan, apalagi jika Anda adalah petani. Tidak perlu menggunakan tangan ketiga untuk menjual dan mengirimkan barang Anda. Cukup bekerjasama dengan ekspedisi tertentu dalam menjalankan bisnis ekspor buah dan sayuran.

Saat ini, kirim barang ke Arab Saudi sudah semakin mudah dan cepat, bahkan pengiriman hasil tani maupun ternak juga sangat cepat sehingga produk Anda tidak busuk di perjalanan. Oleh sebab itu, bisnis ekspor komoditas tani dan ternak Indonesia makin banyak dilirik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *