6 Cara Menjaga Kesehatan Otot yang Praktis Dilakukan

  • Whatsapp
6-Cara-Menjaga-Kesehatan-Otot-yang-Praktis-Dilakukan
Foto dari Canva Pro

Kesehatan seluruh bagian tubuh menjadi tanggung jawab kita. Kebiasaan dan pola makan yang diterapkan memberi pengaruh besar bagi keseluruhan kondisi tubuh. Termasuk otot yang telah membantu tubuh bisa beraktivitas normal setiap hari. Kali ini akan dibahas seperti apa cara menjaga kesehatan otot yang mudah untuk dilakukan.

Menjaga Otot

Tubuh membutuhkan otot yang kuat agar bisa beraktivitas dengan lancar. Otot tubuh bisa dikatakan bekerja tanpa henti setiap hari mendukung aktivitas yang Anda lakukan. Berikut adalah 6 cara mudah yang bisa diterapkan untuk memelihara kondisi otot.

Read More

1. Minum Cukup Air

Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh setiap saat. Saat tubuh kekurangan air, maka otot tidak bisa menyerap nutrisi secara optimal. Dehidrasi juga akan memicu terganggunya proses penyebaran asam amino menuju otot. Jika kondisi dehidrasi ini terjadi dalam jangka waktu lama maka bisa menyebabkan massa otot berkurang.

2. Jaga Postur Tubuh

Kesehatan otot juga bisa dipelihara dengan cara menjaga postur tubuh Anda. Pastikan Anda selalu memperhatikan postur tubuh yang baik saat beraktivitas sehari-hari. Salah satu kebiasaan buruk yang banyak dilakukan dan bisa merusak postur adalah membungkuk saat duduk.

Mungkin akan terasa sulit, namun kebiasaan menjaga postur akan memberi manfaat yang baik di masa depan. Usahakan untuk menjaga postur tetap tegak saat duduk maupun berjalan. Saat bekerja, gunakan kursi kerja yang nyaman dan bisa menopang postur tubuh dengan baik.

3. Lakukan Latihan

Jangan lupa untuk rutin melakukan latihan fisik setiap hari. Berolahraga adalah kebiasaan yang sangat membantu menjaga otot tetap sehat. Contoh jenis olahraga yang bisa dilakukan demi otot sehat seperti berenang dan jogging. Selain itu Anda juga disarankan untuk latihan ketahanan seperti angkat beban agar bisa meningkatkan massa otot tubuh.

4. Terapkan Pola Makan Sehat

Salah satu cara menjaga kesehatan otot adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Konsumsi jenis makanan yang tinggi kandungan protein. Pastikan juga asupan karbohidrat dan lemak ke dalam tubuh juga seimbang. Atur jenis makanan yang harus Anda konsumsi setiap hari sesuai dengan kebutuhan nutrisi.

Ada banyak jenis bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi demi otot sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti salmon, telur, daging merah, kacang-kacangan, juga keju. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen maupun bubuk protein jika memang dibutuhkan.

5. Jaga Berat Badan

Otot tubuh Anda akan bekerja lebih berat jika bobot tubuh melebihi batas ideal. Sangat disarankan untuk menjaga bobot tubuh tetap ideal demi menjaga kesehatan otot.

Banyak cara yang bisa diterapkan demi mempertahankan berat badan sehat mulai dari olahraga dan konsumsi makanan sehat. Kontrol terus bobot tubuh dengan melakukan penimbangan secara rutin.

6. Istirahat yang Cukup

Berikan waktu yang cukup untuk mengistirahatkan tubuh. Otot Anda juga butuh istirahat karena telah bekerja seharian saat Anda beraktivitas. Demi menjaga kesehatannya, berusahalah untuk tidur tepat waktu dalam durasi yang mencukupi. Meskipun banyak kegiatan yang harus dijalankan, Anda tetap harus meluangkan waktu untuk beristirahat demi menjaga stamina otot.

Itulah tadi 6 cara menjaga kesehatan otot yang bisa Anda lakukan. Jika terjadi kelelahan otot yang berlangsung lama dan semakin parah maka segera lakukan konsultasi ke dokter. Lemas otot yang berkepanjangan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan secara optimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *