7 Cara Memilih Susu Formula yang Tepat untuk Bayi 6 Bulan

  • Whatsapp
7-Cara-Memilih-Susu-Formula-yang-Tepat-untuk-Bayi-6-Bulan
Foto dari Canva Pro

Ada banyak jenis susu formula di pasaran, tetapi Anda harus memperhatikan kandungan yang terdapat pada susu tersebut. Pasalnya, bayi memiliki sistem pencernaan yang masih sensitif sehingga kandungan susu yang tidak sesuai bisa menyebabkan masalah kesehatan pada buah hati tercinta. Apalagi Anda yang sudah kembali bekerja, maka pemberian susu formula Bebelove bisa menjadi solusi pendukung MPASI. Namun, pastikan Anda tetap memberikan ASI pada buah hati agar asupan nutrisi si kecil tetap terjaga, ya!

Perhatikan 5 poin penting memberikan susu formula ini!

Susu formula bisa diberikan pada bayi usia 6 bulan ke atas sebagai pendukung pemberian ASI eksklusif. Ada sebagian ibu yang mengalami masalah ASI sehingga susu formula bisa membantu pencukupan nutrisi si kecil. Pastikan saja Anda memperhatikan beberapa hal penting sebelum memberikan susu formula pada bayi berikut :

Read More

1. Perhatikan kondisi bayi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan kondisi buah hati tercinta seperti kasus bayi lahir prematur atau memiliki berat badan yang rendah. Tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter bila hendak memberikan susu formula pada bayi. Bisa saja kondisi bayi tertentu perlu mendapatkan susu formula jenis khusus, ya! Berikan Bebelove untuk si kecil yang memerlukan tambahan asupan nutrisi karena produksi ASI yang kurang lancar.

2. Kenali jenis susu formula

Untuk bayi yang berumur kurang dari satu tahun, pilih jenis susu formula dengan kandungan whey protein agar tidak mengganggu saluran cerna mereka. Bila si kecil menunjukkan tanda alergi dengan susu sapi, maka susu soya atau bahan kedelai bisa menjadi pilihan yang tepat asal tetap konsultasi dengan dokter Anda, ya! Jangan sembarangan memilih susu formula yang bisa sebabkan masalah kesehatan cerna anak Anda.

3. Perhatikan kandungan susu formula

Memilih susu formula harus melihat indikasi kandungan atau formula pada susu tersebut. Agar Anda bisa memberikan nutrisi maksimal pada buah hati, maka berikan susu yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin, dan asam arakidonat serta docosahexaenoic acid yang bisa membantu perkembangan otak, saraf dan mata si kecil.

Kandungan prebiotik pada susu formula juga mampu meningkatkan sistem imunitas bayi, termasuk kelancaran sistem pencernaan mereka. Lihat bagaimana saluran cerna si kecil setelah konsumsi susu tersebut agar Anda bisa melanjutkan atau menghentikan pemberian jenis susu formula yang sebabkan diare atau konstipasi.

4. Gunakan dot yang empuk

Bayi yang berusia 6 bulan ke atas masih perlu proses adaptasi konsumsi susu formula menyerupai minum ASI pada sang ibu. Gunakan dot yang empuk agar bayi bisa menyusu dengan nyaman dan pastikan Anda menjaga kebersihan peralatan yang digunakan.

5. Kombinasikan pemberian ASI dan susu formula

Susu formula memiliki nutrisi yang baik, tapi tidak selengkap ASI eksklusif sehingga Anda tetap wajib memberikan ASI pada buah hati. Anak yang mendapat asupan ASI penuh bisa tumbuh lebih cerdas dan sehat, tapi tidak semua ibu memiliki produksi ASI yang lancar. Berikan susu formula dengan jumlah atau takaran yang sesuai dengan perkembangan usia bayi atau sesuai rekomendasi dokter.

Yuk, berikan asupan nutrisi terbaik untuk mendukung pertumbuhan buah hati tercinta lebih optimal sekarang juga! Pilih produk susu yang berkualitas dengan kandungan lengkap yang tidak mengganggu saluran cerna si kecil. Anda bisa mendapatkan produk Bebelove yang orisinal dengan harga kompetitif hanya di toko online atau offline terpercaya sekarang juga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *