7 cara Olah Daun Binahong Jadi Berbagai Pengobatan Alternatif

TEMPO.CO, Jakarta -Daun binahong merupakan tanaman obat yang sering diolah menjadi berbagai pengobatan alternatif untuk membantu menyembuhkan hingga meringankan kondisi penyakit tertentu.

Diketahui di dalam daun binahong ada beberapa kandungan kimia yang membuatnya bagus sebagai bahan pengobatan, kandungan tersebut diantaranya ada Flavonoid, Alkaloid, Triterpenoid, Saponin.

Kandungan flanoid pada daun binahong seperti yang dikutip dari laman e-print.ums.ac.id, menyebutkan ada 7,81 persen mg/kg untuk daun binahing kering, dan 11,23 persen mg/kg Untuk daun binahong basah

Alkaloid di dalam daun binahong dikenal sebagai antibakteri, di mana daun binahong bersifat sangat sitotoksik.

Begitu pun pada triterpenoid yang bercirikan bentuk kristal, tidak berwarna, dan memiliki titik leleh yang tinggi.

Pada berbagai hasil uji menunjukkan bahwa triterpenoid antibakteri dari isolat triterpenoid, sebagai pertahanan hambat pertumbuhan bakteri Staphyococcus aureus dan Escherichia coli.

Ada pula saponin, diketahui saponin memiliki Saponin memiliki sifat antibakteri dan antivirus, efek konsumsinya berkhasiat sebagai obat antikanker, antitumor, dan penurun kolesterol.

Berikut ini sembilan cara mengolah daun binahong sebagai pengobatan alternatif:

1. Redakan peradangan jerawat dan perawatan wajah

Jerawat merupakan kondisi yang paling umum dialami oleb manusia, terlebih kondisi jerawat ini sebagain besar juga dipengaruhi oleh infeksi bakteri. Untuk mengobatinya dapat pakai daun binahong.

Caranya, ambil 5 sampai 6 daun binahong, kemudian dicuci bersih. Jika sudah dibersihkan, tumbuk daun binahong di tempat yang steril dan bersih, tumbuk hingga halus supaya dapat diaplikasikan sebagai masker wajah.

Setelah menjadi masker wajah, tempelkan di wajah secara merata, lankukan pengobatan ini secara rutin menjelang tidur lebih baik.

2. Batuk dan radang paru-paru.

Punya kandungan flanoid, daun binahong mujur bantu atasi pebyakit radang paru hingga batuk. Cara membuat ramuannya, ambil 10 lembar daun binahong dan 400 cc air. Didihkan air hingga panas, semua masukkan daun binahong seluruhnya bersamaan dengan air tersebut hingga air surut menjadi setengahnya. Lakukan oengobatan minuman herbal ini rutin.

3. Darah rendah.

Sering pusing, badan lebih mudah lelah, konsentrasi rendah menjadi salah satu efek darah rendah.

Untuk mengobati penyakit ini yangbdiperlukan 8 lembar daun binahonh juga 2 gelas air. Cara buatnya panaskan air yabg dicampurkan daun binahong, tunggu hingga air rebusan mendidih dan suaut menjadi ukuran 1 gelas saja.

Jika sudah nampak susut, saring air binahong kemudian dapat dikonsumsi, minumlah ramuan ini setiap satu kali setiap hari. .

4. Gatal-gatal dan eksim kulit.

Eksim kulit dan rasa gatal dipermukaan kukit sangat mengganggu bahkan mengurasngi kenyamanan penderitanya, namun rupanya itu oebyakit dapat diaembuhkan dengan konsumai binahong.

Selanjutnya: Bahan yang dibutuhkan daun binahong sebanyak 10-15 lembar…

12 Selanjutnya

Bahan yang dibutuhkan daun binahong sebanyak 10-15 lembar. Cara olahnya denga merubus seluruh 10 hingga 15 lembar daun binahong yang dicampurkan 3 gelas air. Masak air ini hingga mendidih dan tersisa 2 gelas, kemudian ini dapat diminum 1 kali sehari.

5. Sesak nafas.

Gangguan pada saluran pernapasan seperti asma jika kambuh benar-benar mengurangi kualitas hidup penggunanya, ternyata dapat disembuhkan dengan obatan daun binahong.

Caranya dengan ambil 7 lembar daun binahong. Rebus sebanyak 2 gelas air yang dicampurkan daun binahong. Tunggu air rebusan mendisih dan susut menjadi 1 gelas saja, jika sudah maka air rebusan daun binahong dapat dikonsumsi. Minumlah rebusan binahong ini sebanyak 1 kali dalam sehari

6. Gusi berdarah dan mimisan.

Pendarahan kecil seperti mimisan dan gusi berdarah dapat menggunakan pengobatan daun binahong, caranya ambil 4 lembar daun binahong. Cara olahnya dengan merebus seluruh daun binahong di dalam 2 gelas air.

Tunggu rebusan air binahong menyusut hingga menjadi 1bgelas, maka air sudah dapat dikonsumsi, lakukan minum herbal ini sebanyak satu sehari.

7. Menurunkan kolesterol.

Kolesterol yang tidak terkontrol dapat diatasi dengan konsumsi daun binahong. Caranya sangat mudah, ambil daun binahong, diseduh daun binahong bersama air panas seperti teh. Konsumsi minuman herbal ini sampai 2 jmhari sekali tidak lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.