Banjir di Pelabuhan Ratu Menerjang sampai Dermaga?

Video banjir menerjang dermaga Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, viral di media sosial pada Kamis malam 23 Desember 2021. Video di antaranya diunggah pemilik akun @Gemacan213 dan @el__yassien di media sosial Twitter.

Belum jelas sumber air yang dalam video membuat panik warga setempat tersebut. Tapi, berdasarkan air coklat keruh dalam video, diperkirakan banjir berasal dari luapan sungai.

Sebelumnya juga telah diberitakan kalau Sungai Cangehgar di wilayah Kelurahan Palabuhanratu kembali meluap dan menyebabkan banjir setelah hujan lebat yang turun dari sore hingga malam.

“Sejumlah rumah, jalan raya hingga kantor Kelurahan Palabuhanratu terendam air,” kata Ketua RT 03, Kelurahan Palabuhanratu, Baenuri, Kamis.

Saat itu debit air belum berkurang karena hujan belum reda. Untuk ketinggian air pun bervariasi hingga satu meter. Merendam fasilitas umum, kantor pemerintahan dan permukimann warga, banjir membawa aneka sampah.

Menurut Baenuri, banjir ini dikarenakan pendangkalan Sungai Cangehgar karena sampah ditambah alirannya pun menyempit akibat banyak berdirinya rumah di sekitar bantaran sungai. “Ini kejadian yang kedua kalinya,” kata Rizwan, warga lainnya menunjuk banjir di Pelabuhan Ratu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.