Berat Badan Ideal Anak

Bagi mayoritas orang tua, bentuk badan anak yang terlalu kurus atau terlalu gemuk kadang membuat mereka khawatir.

Para orang tua takut jika anaknya kurang atau melebihi dari berat badan ideal yang seharusnya dimiliki oleh anak-anak seusianya

Lalu, berapa sih berat badan ideal anak dan bagaimana cara menaikan berat badan dari anak yang badannya terlalu kurus. Berikut ini penjelasannya:

Berat Badan Ideal

Untuk melihat berat badan ideal anda sebetulnya harus menghitungnya berdasarkan usia, kelamin dan juga tinggi badan yang dimiliki. Barulah nanti bisa dilihat berapa berat ideal dari anak tersebut.

Adapun, jika ingin melihat berapa berat badan yang seharusnya. Anda bisa mengunjungi situs situs tertentu untuk melihat kurva pertumbuhan yang dibuat oleh WHO.

Di Indonesia sendiri ada standarisasi tertentu untuk menentukan berat badan ideal pada anak yang didasarkan pada umur dan juga jenis kelamin pada anak usia dibawah 5 tahun.

Untuk anak berumur 1 sampai 2 tahun. Pada perempuan akan memiliki berat 8,9 sampai 11,5 kg dan pada laki laki beratnya 9,6 sampai 14,3 kilogram.

Untuk anak umur 2-3 tahun. Pada anak perempuan berat normal adalah 11,5 sampai 13,9 dan pada laki laki 12,2kg sampai 14,3 kg.

Untuk anak umur 3-2 tahun. Pada perempuan berat normalnya adalah 13,9 sampai 16,1 sedangkan pada laki laki 14,2 kg sampai 16,3 kg.

Untuk anak umur 4-5 tahun. Pada anak perempuan normalnya adalah 16,1 sampai 18,2 kg. Sedangkan pada laki laki 16,3 kg sampai 18,3 kilogram.

Jika anda memiliki anak dengan berat kurang dari ukuran yang tertulis di atas ataupun memiliki berat yang lebih dari ukuran diatas pada usia tertentu, anda perlu melakukan hal tertentu untuk menaikan atau menurunkan berat badan anak.

Adapun, agar anak anda mencapai berat badan ideal dan juga tidak terlalu kurus anda bisa memperbanyak asupan kalori pada anak dan juga vitamin vitamin tertentu untuk menambah nafsu makannya.

Untuk penangangan lebih jauh, anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk merencanakan dan mengetahui asupan gizi apa saja yang dibutuhkan oleh anak.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.