Jenis Investasi Aman Yang Patut Anda Pertimbangkan

Investasi adalah suatu kata penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Tidak pandang usia, jenis kelamin dan profesi, setiap orang harus melakukan suatu investasi sama seperti mempunyai tabungan.   Karena manfaat investasi sangat besar bagi kehidupan orang tersebut dalam masa depan yang lebih baik dari segi keuangan.

Investasi dapat dilaksanakan oleh segala kalangan. Dari kalangan usia remaja, dewasa dan orang lanjut usia. Namun umumnya orang melakukan investasi saat umurnya sudah matang.  Dengan melakukan investasi maka harta benda atau aset yang dimiliki saat ini lebih bisa berkembang lebih besar lagi.

Jenis Investasi Aman Yang Patut Anda Pertimbangkan

Namun dalam pemilihan investasi yang diprioritaskan pertama kali adalah dari segi keamanan disamping keuntungan yang menjanjikan. Ada banyak jenis investasi yang sifatnya aman dan memberikan keuntungan yang menjanjikan.  Berikut ini beberapa daftar investasi aman yang sangat menjanjikan serta sangat gampang dilakukan, antara lain :

  1. Deposito

Peringkat pertama, produk investasi yang terjamin aman adalah deposito. Deposito adalah penyertaan modal untuk dijadikan investasi yang sifatnya berjangka. Dalam hal ini, terdapat jangka waktu investasi deposito. Seperti jangka waktu satu bulan sampai dua tahun.

Investasi deposito sangat pas digunakan oleh para pemodal pemula yang mempunyai uang berlebih tapi kesukaran dalam melakukan invetasi yang aman dan menguntungkan.  Namun sifat investasi deposito sangat fleksibel dalam jangka waktu. Anda bisa menentukan jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang dalam investasi deposito.

Untuk jangka waktu pendek maka deposito dapat dilakukan dengan mengambil jangka waktu pendek seperti satu bulan. Atau anda bisa memilih investasi deposito untuk jangka menengah. Seperti tiga biulan, enam bulan, dan satu tahun.

Anda juga bisa memilih investasi deposito untuk jangka waktu panjang seperti dua tahun. Umumnya dalam memilih jangka waktu lebih panjang dan jumlah nominal uang yang didepositokan lebih tinggi maka deposito akan memberikan keuntungan  yang lebih besar. Hal itu juga disesuaikan dengan  ketetapan kebijakan lembaga perbankan tersebut.

Namun dari semua jangka waktu tersebut, umumnya masyarakat memilih investasi deposito untuk jangka waktu yang pendek. Sehingga kebutuhan dalam jangka waktu pendek dapat terpenuhi dengan baik oleh  hasil dari investasi deposito.

  1. Investasi Asuransi

Produk asuransi yang selama ini dikenal di masyarakat adalah produk untuk memproteksi segala resiko kerugian diakibatkan sesuatu hal yang tak diinginkan terjadi. Ternyata fungsi asuransi bukan sekedar itu.

Karena seiring dengan perkembangan jaman, sekarang telah ada asuransi plus investasi. Asuransi yang anda ambil bisa memproteksi segi keuangan dari hal yang tak diduga seperti sakit atau musibah kecelakaan sekaligus dapat meningkatkan aset yang anda miliki. Untuk contoh asuransi investasi yang dapat diambil yaitu asuransi jaminan hari tua, asuransi pendidikan, dan asuransi kesehatan.

Dengan asuransi kesehatan yang anda pilih maka resiko biaya sakit yang sangat mahal saat ini termasuk biaya perawatan dan pengobatan, biaya beli obat-obatan, biaya rawat inap, biaya rawat jalan, dan tagihan rumah sakit lain sebagainya ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  1. Investasi Emas Batangan

Setiap orang tentunya mengenal dengan emas. Selain dapat dijadikan perhiasan, emas dapat pula dijadikan sarana investasi aman. Salah satu jenis emas yang paling populer dalam investasi adalah jenis emas batangan.

Emas merupakan investasi yang telah dilakukan oleh orang-orang pada jaman dulu hingga saat ini. Karena nilai emas yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan sangat langka mengalami penurunan.

Sekarang ini sudah banyak lembaga perbankan atau lembaga khusus yang menyediakan layanan investasi emas. Yang paling populer di tengah masyarakat adalah lembaga Pegadaian konvensional maupun lembaga Pegadaian syariah.  Adapun yang ditawarkan adalah investasi emas dengan cara dicicil maupun  secara tunai dalam jumlah gram tertentu. Disamping itu, Pegadaian menyediakan layanan titip emas untuk investasi.

  1. P2P Lending

Terakhir, investasi yang aman dan menguntungkan adalah peer to peer lending di Indonesia yang terpercaya. Salah satunya Akseleran. P2p lending adalah tempat investasi yang aman berupa pemberian pinjaman uang dalam jangka waktu tertentu disertai dengan bagi hasil berupa bunga yang ditentukan besarannya bagi pemberi pinjaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.