Kenali Manfaat Pupuk Sebelum Menggunakannya ke Tanaman Hias

  • Whatsapp
Kenali-Manfaat-Pupuk-Sebelum-Menggunakannya-ke-Tanaman-Hias
Foto dari Canva Pro

Saat ini, berkebun atau memelihara tanaman hias menjadi pilihan hobi banyak orang. Pada saat pandemi Covid-19 mendera seluruh dunia dan mengharuskan orang-orang lebih banyak berkegiatan di rumah membuat berbagai hobi mudah dan dapat dilakukan di rumah bermunculan. Salah satunya adalah berkebun. Ketika berkebun atau merawat tanaman hias, apakah Anda memberikan pupuk NPK Mutiara pada tanaman?

Memberikan pupuk merupakan salah satu cara membuat tanaman tumbuh rimbun dan lebih cepat besar. NPK Mutiara menjadi salah satu jenis pupuk yang banyak digunakan karena mampu memberikan tambahan nutrisi dan membuat tanaman subur serta cepat panen. Jenis pupuk ini juga dapat digunakan untuk tanaman hias.

Read More

Manfaat Pupuk Bagi Tanaman Hias

Tanaman hias biasanya berupa tanaman pot yang diletakkan di dalam atau luar rumah. Fungsi utamanya adalah mempercanting pekarangan maupun ruangan. Agar dapat memenuhi fungsinya, Anda perlu merawat tanaman hias dengan baik. Salah satu caranya dengan memberi pupuk, karena dapat bermanfaat untuk:

1. Mempercepat Pertumbuhan

Pertumbuhan tanaman yang kurang baik biasanya dikarenakan kekurangan nutrisi. Terutama tanaman dalam pot yang tumbuh dalam jumlah tanah terbatas sehingga nutrisi yang diperoleh pun terbatas. Oleh karena itu, Anda perlu menambahkan pupuk.

Pupuk memiliki peran memberikan nutrisi tambahan pada media tanam. Adanya nutrisi tambahan akan mempercepat pertumbuhan. Tanaman hias Anda akan tumbuh subur dalam waktu lebih singkat dan pertumbuhannya pun optimal.

2. Mempercepat Pertumbuhan Daun dan Bunga

Pupuk NPK Mutiara merupakan salah satu jenis pupuk yang banyak digunakan para pecinta tanaman hias maupun petani tanaman buah, sebab mampu membantu dalam pertumbuhan tanaman. Terutama dalam menghasilkan buah lebih cepat dan banyak.

Khusus untuk tanaman hias yang tidak menghasilkan buah, maka pertumbuhan akan fokus pada bagian bunga dan daun. Pertumbuhan yang bagus untuk kedua bagian ini akan membuat kecantikan tanaman hias semakin terlihat.

3. Membangkitkan Area Tanah sehingga Menjadi Lebih Subur

Penggunaan tanah dalam pot yang berkepanjangan tentu akan menghilangkan kesuburan tanah. Agar tanaman hias Anda tumbuh optimal diperlukan penggantian secara berkala sehingga nutrisi tanah terus berkurang dan habis.

Untuk memperpanjang masa subur tanah, Anda dapat menambahkan pupuk sehingga area tanah menjadi lebih subur sehingga dapat digunakan lebih panjang. Terutama untuk tanaman di pot yang tidak memerlukan penggantian dalam waktu cepat.

4. Memberikan Rangsangan Bagi Pertumbuhan Akar

Akar merupakan bagian penting tanaman yang memiliki fungsi sebagai penyerap berbagai unsur dari dalam tanah. Apabila pertumbuhan akar kurang maksimal akan menyebabkan kurang efektif dalam penyerapan nutrisi sehingga pertumbuhan tanaman pun menjadi tidak optimal.

5. Merangsang Pertumbuhan Batang dan Daun

Beberapa tanaman hias dapat dikembangbiakkan dengan metode stek. Dengan bantuan pupuk tumbuhan akan tumbuh lebih rimbun dan batang cepat besar sehingga akan lebih mudah dalam melakukan stek. Anda dapat dengan mudah memilih bagian tumbuhan untuk dilakukan penyetekan sehingga memiliki tanaman baru.

Penggunaan pupuk memang sangat penting dalam merangsang tumbuh kembang tanaman. Namun, Anda harus memastikan memilih jenis pupuk dengan kualitas terbaik. Di pasaran juga terdapat pupuk palsu yang apabila digunakan tidak akan berefek pada tanaman sehingga Anda betul-betul harus berhati-hati saat membeli.

Jika Anda ingin tanaman hias tumbuh dengan optimal. Pilih jenis pupuk NPK Mutiara yang dipercaya banyak petani dalam memberikan nutrisi terbaik bagi tanaman. Bisa beli langsung di toko khusus yang menjual bibit, pupuk, dan perlengkapan berkebun baik daring maupun luring.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *