Mau Beli Handphone? Kenali Dulu Segmentasi Pasarnya

  • Whatsapp
Mau-Beli-Handphone-Kenali-Dulu-Segmentasi-Pasarnya
Foto dari vivo

Saat ini penggunaan gadget terutama handphone merupakan hal yang sangat wajar. Handphone dapat digunakan sebagai alat komunikasi, mendengarkan musik, memainkan game, bahkan yang sangat populer saat ini digunakan bersosial media. Vivo Y20 adalah salah satu pilihan yang banyak diambil oleh konsumen Indonesia saat ini.

Akan tetapi, masih belum banyak yang benar-benar paham mengenai kebutuhan akan handphone. Kebanyakan orang memilih handphone berdasarkan brand tanpa mengetahui sebenarnya ada segmentasi pasar handphone sesuai kebutuhan dan budget pembeli.

Read More

4 Segmen Pasar Handphone Saat Ini

Sejatinya, adanya empat tingkatan gadget akan memudahkan Anda dalam menentukan kebutuhan gadget untuk dibeli. Sebab segmentasi ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna juga daya beli. Berikut perbedaan dari keempat segmen handphone tersebut:

1. Entry-level

Segmen ini biasanya dibidik oleh konsumen yang memiliki dana terbatas untuk membeli ponsel pintar dan saat ini menjadi primadona di Indonesia. Banyak pengguna segmen handphone ini adalah orang-orang yang dulunya menggunakan handphone komunikasi biasa (hanya bisa digunakan untuk telepon dan SMS).

Oleh sebab itu, produsen handphone segmen ini merancang produk-produknya untuk pengguna pemula sehingga lebih mudah digunakan dan fiturnya lebih sederhana. Penggunaan prosesor dengan kemampuan standar seperti dual atau quad core dan RAM kecil menjadi ciri segmen handphone ini.

Produk-produk ini biasanya memiliki harga tidak terlalu tinggi dengan spesifikasi standar. Anda bisa membelinya dengan harga dibawah satu juta. Sangat cocok untuk para pengguna pemula dengan budget minim.

2. Mainstream atau Mid-end

Segmen handphone mainstream atau disebut juga mid-end merupakan pasar handphone bagi pengguna yang memiliki pengetahuan lebih mengenai ponsel pintar. Selain itu, konsumen pada tingkat ini membutuhkan handphone dengan spesifikasi lebih baik dan dapat digunakan bukan hanya sebagai komunikasi, tapi juga bekerja.

Salah satu contoh produk handphone pada segmen ini adalah Vivo Y20 yang dirancang untuk penggila gadget yang tidak ingin ketinggalan teknologi terkini. Dengan mengeluarkan dana 1-3 juta, Anda sudah bisa memiliki handphone dalam kelas mid-end ini.

3. High-end

Bagi pengguna dengan daya beli lebih baik, pilihan segmen high-end akan dijadikan incaran. Sebab handphone pada level ini memiliki spesifikasi yang lebih baik. Bagi pengguna yang ingin menggunakan gadget dalam waktu lama mulai dari 3 hingga 5 tahun, maka memilih produk high-end adalah pilihan terbaik.

Spesifikasi handphone di segmen ini lebih baik daripada dua level sebelumnya dan kapasitasnya juga jauh lebih besar. Untuk bisa mendapatkan handphone di jajaran segmen ini, Anda harus mengeluarkan uang di atas 3 juta hingga 5 juta rupiah.

4. Flagship

Kategori ini merupakan kategori tertinggi dari produsen handphone. Produk pada segmen ini hanya bisa dibeli oleh konsumen dengan kemampuan ekonomi tinggi atau bisa masuk kategori orang berpunya.

Anda harus mengeluarkan dana setidaknya 6 juta untuk sebuah handphone flagship. Harga ini sesuai dengan semua keunggulan fitur di dalam handphone tersebut. Biasanya, handphone dalam segmen ini memiliki teknologi terbaru. Namun, harus hati-hati karena membeli ponsel flagship bisa menyebabkan ketagihan. Oleh sebab itu, banyak konsumen di segmen ini suka berganti dengan seri terbaru.

Membeli handphone harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Namun, hal ini juga sering menimbulkan dilema, karena keinginan terkadang tidak sesuai kemampuan. Jika Anda tengah mencari handphone di segmen mid-end, maka Vivo Y20 dapat menjadi pilihan. Dengan mengeluarkan uang 2 jutaan sudah mendapatkan handphone RAM 4/64 sehingga cocok untuk aktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *