Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Merencanakan Anggaran Pembuatan Kolam Renang

  • Whatsapp
Perhatikan-4-Hal-Ini-Sebelum-Merencanakan-Anggaran-Pembuatan-Kolam-Renang
Foto dari Canva Pro

Bagi Anda yang sedang merencanakan membangun kolam renang di dalam rumah, tentu harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya anggaran pembuatan kolam renang. Rincian anggaran ini bisa jadi patokan agar pembuatan kolam renang tak melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan saat Membuat Kolam Renang

Sebelum memulai pembangunan kolam renang, ada beberapa hal tentang anggaran kolam renang yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa hal terkait anggaran kolam renang yang perlu Anda persiapkan.

Read More

1. Ukuran Kolam dan Lokasi Pembuatan

Lokasi serta ukuran tak kalah penting untuk diperhatikan saat merinci anggaran kolam renang. Lokasi yang sesuai untuk pembuatan kolam renang akan mempermudah tukang bangunan ketika mengerjakannya. Selain itu, jika lokasi dan kontur tanah mendukung maka Anda tidak perlu keluar biaya lebih untuk memperbaiki kontur tanah.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan berapa luasan kolam dengan cara mengukur panjang, lebar serta kedalaman kolam. Dengan mengetahui luasan dan lokasi kolam menghitung rincian anggaran kolam renang jadi lebih mudah dan sesuai dengan budget.

2. Sirkulasi Kolam

Selanjutnya, hal-hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membangun kolam ialah sirkulasi kolam. Sebab, jika sirkulasi kolam buruk maka akan mempengaruhi kebersihan dan kejernihan air.

Tak hanya itu, untuk memberikan sirkulasi yang baik diperlukan juga biaya tambahan yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat rincian anggaran kolam renang. Setidaknya ada tiga sistem sirkulasi kolam yang perlu diperhatikan yakni sistem sirkulasi skimmer, sistem sirkulasi semi overflow, dan sistem sirkulasi full overflow.

3. Jenis Mesin Pompa serta Filter Kolam

Selanjutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan ialah mesin pompa dan filter yang dipilih sesuai anggaran dan kebutuhan. Di luaran banyak merek-merek mesin pompa maupun filter air yang dijual di pasaran. Namun, dalam memilih kedua benda tersebut, Anda harus jeli dengan kualitas, kebutuhan dan harga yang ditawarkan.

4. Perhatikan Biaya Pembuatan Bekisting dan Pembesian Kolam

Bekisting merupakan konstruksi sementara saat membuat cetakan kolam renang menggunakan beton. Biasanya bekisting yang digunakan berbahan baku bata atau batako, bisa juga menggunakan triplek. Pemilihan bahan bangunan ini juga perlu diperhatikan agar tidak melebihi budget.

Untuk harga batako sekitar Rp2.000,- per buah hingga Rp3.500,- per buah. Sementara triplek harganya berkisar Rp80.000,- hingga Rp100.000,-. Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa bahan bangunan lainnya seperti kayu, balok, hingga bambu.

Dengan memperhitungkan anggaran pembuatan kolam renang yang tepat maka Anda bisa memiliki kolam renang yang Anda inginkan dan tentunya tak menguras kocek terlalu dalam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *